Sejarah

SMK Bakti 17 merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang berdiri sejak tahun 2009. Berlokasi di jalan Persahabatan yang dekat kawasan permukiman pada kelurahan Cipedak. Berada dibawah naungan Yayasan Al Hasanat Jaya yang berlokasi di Pancoran Jakarta Selatan.

Bersamaan dengan berdirinya sekolah maka sambil berjalan diurus pula kelengkapan yang diperlukan, mulai dari kelengkapan legalitas hukum, kelengkapan sistem administrasi, kelengkapan pembelajaran dan sarana lain yang diperlukan, termasuk usaha-usaha untuk mendapatkan dana melalui para donatur guna membiayai keperluan operasional dari sekolah. Sekolah ini memang didirikan hanya dengan tekad dan semangat juang yang membaja dari para perintisnya, sehingga tidak jarang terjadi honor gurunya terlambat dibayar, kadang hanya dibayar dengan beras, dan bahkan ada juga yang tak mengharapkan bayaran.

Meskipun para pendiri tidak memiliki uang yang cukup untuk biaya operasionalnya, namun sekolah ini tetap dapat berjalan dengan langkah yang pelan tapi mantap penuh percaya diri.

Bertepatan dengan 10 Juni 2007, akte pendirian yayasan resmi ditanda tangani didepan notaris Jauhar Arifin, S.H., No 8 tanggal 10 Juni 2007 dengan nama Yayasan Al Hasanat Jaya, berlokasi di Jakarta, dengan susunan Pengurus :

  1. Ny. Hj. Aliyah Siradj,M.Pd,  pembina
  2. Tn. Ahmad Fauzan, S.E, anggota pembina
  3. Tn. Drs. H. Firdaus, M.Pd.  Ketua
  4. Ny. Nur Fadhila, Sekretaris
  5. Ny. Dra. Hanifah,  bendahara
  6. Tn. Muhamad Jamhur, S.Kom, anggota
  7. Tn. Farid Fadli, S.S, anggota
  8. Tn. H. Gani Mulyadi, A.S, pengawas
  9. Tn. H. Ahmad Fadhol, pengawas
  10. Tn. KH. Shidqie Yahya, Pengawas
  11. Tn. KH. A. Zaini Murtaba, pengawas


Yayasan ini merupakan yayasan sosial yang bergerak pada bidang sosial serta pendidikan, terutama pendidikan teknologi. Ketika itu pendidikan teknologi masih sangat jarang, khususnya dilingkungan sekitar SMK Bakti 17. oleh karena itu kehadiran sekolah ini sangat membantu ketiadaberdayaan pemerintah untuk menampung animo masyarakat memasuki sekolah negeri yang berbasis teknologi pada saat itu.

Hal tersebut dapat terwujud karena apa yang telah dan sedang diupayakan oleh yayasan ini nyata-nyata sangat membantu pemerintah yaitu dalam rangka usaha mempercepat peningkatan kesempatan belajar bagi anak usia sekolah di wilayah DKI Jakarta.

SMK Bakti 17 telah meluluskan 573 orang yang tersebar diberbagai lapangan kerja, sebagai pegawai pada instansi pemerintah maupun swasta serta pada perusahaan dan saat ini sedang mengasuh 360 siswa pada jurusan akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia dan teknik kompuer jaringan, dengan mempekerjakan 35 orang guru dan karyawan. Pada saat ini SMK Bakti 17 masih menjadi salah satu sekolah kejuruan di Jakarta Selatan, yang menjadi peminatan masyarakat, karena biaya yang masih relatif murah dan memiliki sarana yang relatif lengkap dibandingkan SMK lainnya, serta adanya beberapa perusahaan yang pada setiap tahun sering menawarkan formasi lowongan kerja untuk para lulusan SMK Bakti 17.

Pada tahun 2012 sekolah ini mendapatkan status akreditasi A untuk Jurusan Multimedia dan akreditasi B untuk jurusan Akuntansi dan Teknik Komputer Jaringan dari Badan Akreditasi Sekolah Provinsi DKI Jakarta.